Punya Motor Matic? Pakai Top 1 Action Matic Series

oli top 1

Sebagian besar orang mungkin mengira bahwa setiap mesin kendaraan bermotor itu sama sehingga tidak ada perbedaan dalam menggunakan minyak pelumas. Padahal, setiap kendaraan memiliki standar dan performa yang berbeda sehingga membutuhkan oli yang berbeda. Seperti halnya pada kendaraan roda dua, antara motor manual dan matic memiliki perbedaan mesin sehingga oli keduanya harus dibedakan. Nah, buat Anda pengendara motor matic, yuk pakai oli Top 1 Action Matic Series berikut.

Kenapa Mesin Motor Matic Lebih Mudah Rusak?

Sebelum berbicara soal oli yang tepat untuk motor matic Anda, ada baiknya kalau kita menilik terlebih dahulu beberapa permasalahan yang menyebabkan mesin motor matic cepat rusak. Hal ini nantinya dapat dijadikan patokan dalam berkendara agar mesin menjadi lebih awet.

Mesin motor matic tidaklah seperti mesin motor manual yang punya gigi yang dapat mengontrol kecepatan dengan baik. Pada motor matic, kecepatan lambat hingga cepat tidak ada batasan sehingga seringkali menyebabkan gesekan pada mesin saat dilakukan pengereman secara mendadak. Selain pengereman mendadak saat melaju dengan kecepatan tinggi, beberapa kesalahan pengendara motor matic yang menyebabkan mesin rusak yaitu:

  • Langsung menarik gas maksimal saat tanjakan

Ketika melewati jalur tanjakan, motor matic dianggap lebih mudah daripada motor kopling karena pengguna dapat menambah kecepatan tanpa perlu mengganti gigi. Namun, ketika melewati tanjakan maka pengemudi akan melawan jalur gravitasi sehingga tidak baik untuk menarik gas penuh secara langsung karena dapat memperberat kinerja mesin. Sebaiknya tarik gas secara perlahan dan bertahap.

  • Menarik gas bersamaan dengan rem

Hal yang sering dilakukan pengendara ketika macet yaitu menarik gas dengan rem secara bersamaan. Padahal ketika mengerem pengendara harus melepaskan tarikan gas. Pengegasan dan pengereman yang dilakukan secara bersamaan akan menimbulkan gesekan dan membuat kampas kopling berputar secara terus menerus. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat kampas kopling cepat habis.

  • Tidak rutin mengganti oli mesin dan gardan

Pergantian oli yang tidak rutin juga bisa menyebabkan mesin cepat rusak karena oli tidak mampu melumasi mesin lagi secara optimal. Selain mesin, bagian lain pada motor matic yang perlu diganti secara rutin olinya yaitu pada mesin transmisi yang akrab disebut dengan oli gardan. Mesin transmisi motor matic berbeda dengan motor manual yang jadi satu dengan mesin utama sehingga membutuhkan oli tersendiri. Pergantian oli gardan sebaiknya dilakukan ketika motor sudah menempuh jarak 8.000 km dan kelipatannya.

  • Menggunakan rem belakang saat melewati jalan turunan

Saat melewati jalan turunan, motor matic tidak bisa mengontrol kecepatannya seperti halnya motor kopling sehingga harus menggunakan bantuan rem. Beberapa orang seringkali menggunakan rem belakang saat melewati turunan karena dianggap lebih aman dan tidak akan selip. Padahal, yang lebih baik digunakan pertama kali ketika melewati turunan adalah rem depan karena dapat menahan beban motor lebih besar dan agar aman bisa dibantu dengan rem belakang.

Produk Oli Top 1 Action Matic Series dan Kegunaannya

Produk oli top 1 untuk motor matic terdapat dua pilihan varian yaitu Top 1 SMO Action Matic 10W-30 dan Top 1 SMO Action Matic 20W-40. Keduanya merupakan oli sintetik yang diolah dengan kemurnian tinggi untuk menghasilkan pelumas dengan performa yang baik. Selain itu, oli ini akan dapat memberikan perlindungan optimal kepada mesin agar tidak mengalami gesekan dan menimbulkan friksi.

Keduanya jenis oli tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan bisa digunakan untuk semua jenis motor. Akan tetapi, untuk produk Top 1 SMO Action Matic 10W-30 lebih rekommended dipakai pada motor matic Honda seperti Beat, Vario dan Scoopy. Sedangkan produk Top 1 SMO Action Matic 20W-40 didesain untuk motor Yamaha seperti Xeon atau Mio.

Nah, sudah tahu kan produk oli Top 1 yang tepat untuk motor matic kesayangan Anda. Jangan sampai salah pilih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *