Kelebihan Oli Top1 Synthetic

Kelebihan Oli Top1 Synthetic

Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang jenis oli berdasarkan fungsinya. Kali ini saya juga ingin membahas jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui jenis mereknya saja, salah satunya ada oli Top1 yang memiliki kualitas yang terbaik. terlepas dari itu semua mengetahui bahan dari oli yang kita pilih merupakan sangat penting agar sesuai dengan kebutuhan kendaraan kita.

Salah satunya ada oli sintetis yang terbuat dari bahan kimia. Proses pembuatan dari oli ini memerlukan proses pemurnian yang lebih panjang sehingga menjadikan oli tersebut berkualitas. Maka tidak heran jika oli yang satu ini paling banyak digunakan karena memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis oli lainnya,  diantaranya:

1. Kemampuan yang baik terhadap suhu panas

Kelebihan yang pertama dari oli sintetis adalah dapat bertahan pada suhu panas tanpa mengalami oksidasi. Berbeda dengan oli konvensional lainnya yang bertahan hingga 120 sampai 148 derajat celcius, oli sintetis ini dapat bertahan hingga 230 derajat celcius. Maka tidak heran jika oli jenis ini cocok digunakan untuk mesin yang dilengkapi dengan turbo charge juga mesin dengan performa  tinggi.

2. Tahan terhadap suhu ekstrim

Selain suhu panas, oli sintetis juga dapat bertahan di suhu yang ekstrim bahkan dalam suhu beku sekalipun. Berbeda dengan jenis oli lainnya yang akan membeku di suhu nol derajat, oli sintetis ini tetap cair meskipun pada suhu terdingin sekalipun. Maka oli jenis ini juga sering digunakan di daerah yang memiliki cuaca ekstrim.

Kelebihan Oli Top1 Synthetic

 

3. Bebas dari unsur logam berbahaya

Karena oli ini merupakan jenis oli buatan, maka proses pembuatannya dilakukan dengan pemisahan antara kandungan oli murni dengan berbagai senyawa kimia yang berbahaya bagi mesin, seperti unsur karbon reaktif, senyawa sulfur dan nitrogen. Dengan tidak adanya unsur logam berbahaya, membuat oli menjadi lebih awet dan tidak mudah meninggalkan residu atau kerak pada mesin mobil yang dapat mengganggu kinerja mesin.

4. Memiliki bentuk molekul yang sama

Perlu anda ketahui bahwa molekul dari oli sintetis memiliki ukuran yang lebih kecil dan sama, sehingga cairan ini dapat masuk hingga ke celah-celah terkecil dari mesin kendaraan anda tanpa mengalami hambatan.

5. Tahan terhadap reaksi oksidasi

Meskipun oli ini tahan terhadap suhu panas, namun tahan juga terhadap reaksi oksidasi atau penguapan. Berbeda dengan jenis oli lainnya yang tidak tahan terhadap suhu panas sehingga menimbulkan oksidasi yang membuat oksigen masuk ke dalam ruang mesin yang dapat menyebabkan kekentalan terhadap oli sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal.

6. Dapat meningkatkan performa mesin

Jenis oli yang satu ini lebih bersifat licin dibandingkan dengan jenis oli lainnya. Dalam hal ini dapat membuat mesin bekerja lebih mudah dan ringan karena tingkat gesekan yang terjadi sangat rendah. Dengan begitu bahan bakar yang digunakanpun lebih irit dan mesin dapat bekerja dalam keadaan dingin.

Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan dari oli sintetis dibandingkan dengan  jenis oli lainnya. Sebut saja oli Top 1 yang merupakan jenis oli sintetis yang sangat baik untuk mesin kendaraan anda. Selain itu kita dapat memperoleh jenis oli yang satu ini dengan mudah dan murah karena sudah tersebar di seluruh bengkel atau outlet peralatan kendaraan di seluruh Indonesia. Sehingga anda tidak usah khawatir jika ingin membuat mobil anda kembali prima dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *