Artificial Intelegent Definisi, Keuntungan dan Kerugiannya

Perkembangan teknologi komputer

Perkembangan teknologi komputer saat ini semakin berkembang dengan pesat, salah satunya adalah artificial intelegent atau kecerdasan buatan. Berdasarkan beberapa difinisi yang dijabarkan, AI adalah sebuah teknologi komputer yang memiliki kecerdasan layaknya manusia yang mampu membantu pekerjaan manusia bahkan ada yang mengindikasikan bahwa apa yang dilakukan oleh teknologi ini lebih baik dan lebih detail dari manusia itu sendiri.

Pekermbangan teknologi komputer dalam bidang AI ini memiliki beberapa tujuan utama, seperti yang dikatakan oleh Winston dan Prendergast, yaitu:

1. Membuat mesin lebih pintar

Ini adalah tujuan utama dibangunnya teknologi ini. Mampu melakukan berbagai keahlian sekaligus yang tidak dimiliki oleh teknologi sebelumnya. Lebih multitasking dan melakukan pekerjaan dengan sangat detail dan teliti. Misalkan saja sebuah komputer yang fungsi awalnya hanya diperuntukan untuk perhitungan, saat ini sudah mampu mengembangkan fungsinya. Seperti mampu melakukan editing, multimedia, game,office dan lain sebagainya.

2. Memahami kecerdasan

Perkembangan AI yang menakjubkan juga mampu membantu dan memecahkan masalah yang ada di dalam teknologi menjadi lebih efektif, efesien dan teliti.

3. Membuat mesin lebih bermanfaat

Dengan penggunaan AI dalam setiap teknologi diharapkan mampu meningkatkan akurasi dalam setiap pemrosesan. Hal ini akan sangat membantu pekerjaan manusia, menjadi lebih mudah dan cepat.

Berdasarkan tujuan di atas, bukan berarti teknologi ini tidak memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Apa saja itu? Simak berikut ini:

Keuntungan artificial intelegent

  1. Bersifat permanen. Kecerdasan yang dimiliki oleh teknologi mampu digunakan secara berulang-ulang, mudah diakses, dan mampu diperbaharui berdasarkan perkembangan teknologi yang ada
  2. Lebih akurat, konsisten dan teliti
  3. Memberikan kemudahan pada setiap program teknologi dan pemrosesan sesuatu yang telah ditargetkan dengan minimal kesalahan
  4. Dapat menjadi dokumentasi. Karena sistem ini mampu disimpan sebagai data, tentunya kecerdasan yang teknologi ini dapat didokumentasikan dan suatu saat bisa menjadi bahan rujukan untuk pembuatan ulang ataupun dikembangkan menjadi lebih dalam, tanpa menghilangkan setiap detail yang ada.

Kerugian artificial intelegent

  1. Hanya mampu memproses sesuai yang telah disistemkan tanpa mengenal pengertian informasi tersebut
  2. Memiliki keterbatasan hanya pada sistem yang telah ditanamkan padanya

Demikian kecanggihan yang dimiliki oleh artificial intelegent dalam perkembangan teknologi komputer yang telah merambah ke setiap sisi kehidupan modern manusia saat ini. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *